Pengertian Cerpen, Contoh dan Unsur Intrinsik

Advertisement
Pengertian cerpen, dari beberapa jenis cerita yang sering kita dengar misalnya cerita bersambung atau cerbung, kisah nyata, dan yang lainnya ada satu jenis cerita yang akan sama-sama kita bahas yaitu tentang definisi cerpen atau cerita pendek. Seperti namanya, cerpen ini tidak memiliki kelanjutan cerita atau dengan kata lain alur cerita akan habis dalam satu kali cerita.

Pengertian cerpen menurut para ahli

Di dalam cerpen, baik alur cerita, tokoh, dan situasi cerita sangat terbatas. Lalu apa pendapat para ahli dalam hal menafsirkan makna cerpen tersebut? Berikut kutipan tentang cerpen menurut dua orang ahli:
Edgar Allan Poe, Jassin (1961:72) mengemukakan cerpen adalah sebuah cerita yang selesai dibaca dalam sekali duduk, kira-kira berkisar antara setengah sampai dua jam (dalam Nurgiyantoro, 2000:72).

Sedangkan Anatomi Sastra (1993:34), Semi mengemukakan: cerpen ialah karya sastra yang memuat penceritaan secara memusat kepada suatu peristiwa pokok saja. Semua peristiwa lain yang diceritakan dalam sebuah cerpen, tanpa kecuali ditujukan untuk mendukung peristiwa pokok.

Unsur-unsur intrinsik cerpen

Pengertian unsur intrinsik cerpen adalah unsur yang membangun cerpen tersebut dari dalam. Selain unsur intrinsik, terdapat pula unsur ekstrinsik cerpen. Unsur intrinsik cerpen ada enam, yaitu : (1) tema, (2) tokoh, (3) alur, (4) latar, (5) teknik penceritaan, dan (6) diksi.

Contoh Cerpen

Untuk contoh cerpen, saya pernah menulis beberapa cerita yang diantaranya adalah berupa cerita pendek. Silahkan pilih sendiri cerita yang kiranya dapat dijadikan sebagai contoh, simak ceritanya disini.

Advertisement

Artikel Terkait PENGETAHUAN