Morfologi Tanaman Karet

Advertisement
Membahas tentang morfologi tanaman karet, berikut ini akan kita kupas tentang apa saja ciri ciri bibit karet unggul dan karakteristik yang dapat dilihat pada tumbuhan karet. Tanaman karet atau nama ilmiah-nya Havea brasiliensis adalah sumber utama komoditas karet diseluruh dunia. Tanaman ini aslinya merupakan tanaman berasala dari India, tanaman ini ditanaman secara besar-besaran guna memenuhi kebutuhan akan produksi karet diseluruh negara.

Morfologi Tanaman Karet

Tanaman karet dapat tumbuh dengan baik pada jenis tanah latosol dan aluvial dengan suhu udara sekitar 25deg-30deg C serta curah hujan antara 2000-2500 mm/tahun.

Ciri Ciri Bibit Karet Unggul


  1. Beberapa klasifikasi tanaman karet unggul yang akan ditanaman dapat dilihat pada ciri khusus yang dapat dilihat dari tumbuhan ini. Benih karet yang baik adalah memenuhi kriteria diantaranya sebagai berikut:
  2. Biji batang bawah berasal dari pohon induk yang berumur minimal 10 tahun dengan bentuk yang segar, mengkilat, dan tidak cac4at.
  3. Biji yang siap dipindahkan ke pembibitan harus sudah berkecambah sebelum hari ke 22, dengan akar tunggang lurus yang segar tanpa ada serangan hama.
  4. Bibit batang bawah yang di okulasi harus memiliki batasan diameter tertentu sesuai yang ditetapkan dengan warna batang hijau segar kecoklatan.
  5. Mata okulasi berasal dari pohon okulasi yang bersih dan bebas penyakit serta terawat dengan baik.


Advertisement

Artikel Terkait Pekerjaan