Contoh Gejala Alam Biotik dan Abiotik

Advertisement

Pengertian

Dalam mata pelajaran IPA kita mengenal adanya dua macam gejala alam yaitu gejala alam biotik dan gejala alam abiotik? Lalu apakah penjelasan dari kedua gejala alam tersebut? Apa saja perbedaannya? Gejala alam biotik adalah segala kejadian atau kegiatan yang melibatkan makhluk hidup didalamnya. Sebaliknya, gejala alam abiotik merupakan gejala alam yang terjadi pada benda-benda mati, dalam hal ini melibatkan perubahan yang terjadi dan akibat yang ditimbulkan dari perubahan tersebut.

Contoh Gejala Alam Biotik dan Abiotik

Contoh Gejala Alam Biotik

Pada gejala alam biotik melibatkan aktifitas dan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup. Contohnya adalah manusia yang berraktifitas, hewan, tumbuh-tumbuhan, tumbuhnya jamur, dan masih banyak lagi.

Contoh Gajala Alam Abiotik

Mengenai apa saja contoh gejala alam abiotik dan biotik, disekitar kita sangat banyak kejadian yang mencerminkan adanya kedua gejala alam tersebut. Sebagai contoh, aktifitas gunung berapi yang meletus, memuntahkan lahar, dan gempa yang ditimbulkannya termasuk dalam kategori gejala alam abiotik.

Contoh lainnya dapat kita lihat pada proses es yang mencair, dimana pada gejala ini terjadi perubahan bentuk yang mulanya es berupa zat padat mengalami perubahan menjadi zat cair. Dan yang lainnya yang dapat dikategorikan sebagai gejala alam abiotik misalnya perubahan arah angin, pasang surut air laut, dll.

Advertisement

Artikel Terkait PENGETAHUAN