Penyebab Sariawan pada Mulut, Lidah, Bibir Pecah-Pecah

Advertisement
Sariawan

Penyebab sariawan pada mulut dan lidah atau masalah bibir pecah-pecah memang patut kita ketahui, karena meskipun terlihat sepele namun penyakit semacam sariawan ini memang cukup menyiksa. Pengertian sariawan: Sariawan sering disebut juga dengan istilah stomattis, merupakan sebuah gejala pembengkakan dan radang yang terjadi di daerah mulut yaitu pada lapisan mukosa mulut.

Sariawan sering menyerang daerah-daerah rongga mulut seperti lidah, tenggorokan, bibir, gusi, dan langit-langit mulut. Pada beberapa kasus sariawan juga dapat mengakibatkan pend4rahan dan pembengkakan yang serius. Untuk itu tidak ada salahnya kali ini blogger gunungkidul mengulas sedikit tentang apa saja yang menyebabkan kita terserang sariawan dan bagaimana cara menyembuhkan sariawan agar terhindar dari penyakit yang sangat mengganggu ini.


Beberapa penyebab sering sariawan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Adanya jamur, jamur dapat menyebabkan sariawan apabila orang tersebut mempunyai sistem kekebalan tubuh pada tingkat terendah dan mungkin memerlukan bantuan antibiotik untuk menghindarinya.

2. Adanya bakteri, sariawan yang disebabkan oleh bakteri dapat terjadi pada penderita yang mengalami sakit karena bakteri seperti sakit tenggorokan atau penyakit lainnya.

3. Luka pada mulut, seringnya terjadi luka berulang pada bibir bagian dalam atau pada lidah dapat menyebabkan terjadinya sariawan. Sariawan jenis ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar dua minggu.

4. Panas dalam, meskipun belum ada pernyataan resmi tentang panas dalam yang dapat menyebabkan sariawan, namun sangat sering kita jumpai kondisi panas badan yang berkaitan erat dengan timbulnya sariawan. Untuk mengatasi sariawan karena panas dalam, maka kita harus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari panas dalam.

Selain beberapa point diatas, diduga masih ada lagi penyebab sariawan seperit misalnya karena pemasangan kawat gigi, gigi palsu, dan juga kurangnya menjaga kebersihan mulut.


Tips Mencegah Sariawan
Untuk menghindari sariawan agar tidak menyerang, kita bisa menerapkan pola hidup sehat seperti selalu rajin gosok gigi dan menjaga kebersihan mulut, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan mulut ke dokter, dan juga mengkonsumsi jenis makanan yang tidak merusak lapisan mukosa mulut.

Kebiasaan sehari-hari juga bisa kita perbaiki untuk mencegah terjadinya sariawan misalnya tidak berbicara pada saat makan, mengunyah makanan dengan pelan, menggosok gigi dengan lembut, dll.

Advertisement

Artikel Terkait GAYA HIDUP