Inilah Penjelasan Apa Sebab Langit Berwarna Biru

Advertisement
 Penjelasan Apa Sebab Langit Berwarna Biru

Mengapa langit berwarna biru? Apakah ada penjelasan tentang warna biru pada langit yang masuk akal? Okey, mari kita bahas tentang apa sebab langit berwarna biru disiang hari dan pada malam hari warnanya tidak biru lagi. Uraian tentang penyebab langit berwarna biru ini merupakan kelanjutan pembahasan tentang alam yang sebelumnya blogger gunungkidul pernah menulis alasan kenapa rasa air laut asin.

Perlu kita ketahui bahwa langit hanya akan terlihat berwarna kebiruan pada siang hari saja, sedangkan pada malam hari warna tersebut akan nampak kelam dan dihiasi bintang-bintang.

Langit dapat menjadi kelihatan biru karena adanya lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi, meskipun atmosfer hanya berupa udara atau benda gas, namun lapisan-lapisan yang ada pada atmosfer terdiri dari banyak partikel kecil yang menguraikan cahaya matahari.

Peristiwa ini hampir sama ketika terjadi pelangi pada saat langit mengandung uap air. Jadi cahaya matahari sebenarnya mempunyai banyak paduan warna mulai dari merah, kuning, hijau, biru, hingga ungu.

Setiap warna tersebut mempunyai frekuensi yang tidak sama, dan semakin besar frekuensi dari cahaya tersebut maka akan semakin besar pula biasan atau hamburan yang terjadi pada atmosfer.

Dari percampuran warna sinar matahari yang berhambur tadi maka kalau disatukan akan kelihatan warna dominannya yaitu warna biru terang. Lalu pada saat matahari mulai bergulir menempuh jarak yang semakin jauh dengan mata kita maka yang banyak dihamburkan adalah warna dengan frekuensi rendah, yaitu warna merah, yang biasanya akan terlihat pada saat sore hari.

Di planet lain atau di bulan yang tidak mempunyai lapisan atmosfer, cahaya matahari tidak akan dihamburkan sehingga langit kelihatan hitam meskipun pada waktu siang hari.

Advertisement

Artikel Terkait PENGETAHUAN